Selasa, 26 Januari 2016

Kiat membangun usaha les privat di tangerang selatan

Di artikel kali ini, saya akan membagikan sedikit ulasan mengenai awal mula saya membangun usaha les privat di tangerang selatan, kenapa wilayah tangerang selatan ? karena ya memang lokasi usahanya berada tepat di kota tangerang selatan hehehe ... program bimbingan belajar pada saat ini memang sedang menjanjikan peluang yang sangat besar dan tentunya masih luas kesempatanya. tak hanya di kota besar seperti jakarta saja, namun usaha pendidikan di bidang les privat ini mulai merambah pinggiran kota jakarta seperti kota tangerang selatan, bintaro, alam sutera dan wilayah pinggiran lainya. Kenyataan di lapangan memang bimbingan belajar saat ini sudah banyak menjamur, namun bukan berarti peluang besar untuk jenis usaha pendidikan ini menjadi kecil. bila kita melihat tarif yang di pasang oleh lembaga pendidikan sekelas bimbingan belajar saat ini memang di rasa tidak semua orang bisa mengikutinya. maka dari itu, di butuhkan kekuatan dan kerja keras dalam perencanaan membuka usaha jenis ini. peluang usaha di bidang ini memang tergolong masih besar .

les privat tangerang selatan


Les privat tangerang selatan merupakan salah satu alternatif terbaik apabila Anda memang terkendala dalam hal biaya ataupun jikalau memang belum berpengalaman dalam menjalankan usaha bimbingan belajar yang lebih besar. Dan memang kebanyakan lembaga bimbel yang ternama di Indonesia saat ini kebanyakan juga berawal dari usahan rintisan les privat semacam ini. Jadi apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuka usaha ini? Berikut beberapa tahapan yang bisa Anda jadikan panduan untuk bisa mulai membuka usaha ini.


  1. Tahap persiapan

Pada tahap ini anda harus memulai merencanakan mengenai usaha anda, karena ini merupakan usaha di bidang pendidikan jasa maka hal wajib yang perlu anda jalankan adalah :
  • target Pasar
Tahapan paling awal untuk membuka suatu usaha les privat adalah dengan menentukan target pasarnya, mulai dari pertama tentukanlah target pasar yang akan kita buru. apakah untuk tingkat sd, smp atau sma ? hal ini sangatlah penting untuk anda lakukan sebelum melangkah ke tahap selanjutnya .
  • Mata pelajaran yang akan di ajarkan
pastikan mata pelajaran yang akan anda pilih ini adalah mata pelajaran yang anda kuasai dengan baik. lalu pilihlah materi pelajaran yang sering menjadi momok yang menakutkan bagi banyak siswa, seperti fisika, matematika, kimia, dan bahasa inggris. bisa juga di tambahkan dengan materi Calistung dasar seperti les mau masuk sd, dan lain sebagainya .
  • Persiapkan materi, modul, dan bahan ajar
Tentu jika berbicara tentang kurikulum atau modul yang di gunakan, maka harus kita lihat kembali target market yang akan kita tuju. pastikan yang anda ajarkan adalah kurikulum terbaru atau bisa juga di sesuaikan dengan kebutuhan dari pada siswa itu sendiri. diskusikanlah hal ini terlebih dahulu antara orang tua dan siswa, agar memperoleh informasi lebih mengenai siswa .
  • Tingkatkan kemampuan mengajar anda
Hal ini penting di lakukan karena menyangkut pertimbangan antara siswa dan orang tua siswa, salah satu memilih anda adalah kualitas anda dalam memberikan pengajaran .

  • Tentukanlah tarif anda
Dalam memberikan harga, usahakan jangan terlalu tinggi atau pn terlalu rendah sehingga anda merugi atas rendahnya bayaran les privat anda sebagai guru. anda bisa melakukan survey terlebih dahulu kepada lembaga serupa kompetitor anda agar anda tidak kalah dalam persainagn harga. alangkah baiknya harga dapat di sesuaikan dengan kualitas anda sebagai pengajarnya .ingat ! orang tua akan bayar berapapun jika merasa sudah nyaman dengan guru tersebut .

Saya sendiri sudah dari tahun 2015 membuka sentra privat, yang fokus melayani les privat siswa baik sd, smp maupun sma di tangerang selatan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar